Jumat, 23 Oktober 2009

Pembelajaran Muatan Lokal Sastra Banjar melalui Pantun Madihin

Oleh: M. Sahriadi, S.Pd
Abstract : Madihin adalah salah satu kesenian Banjar yang memanfaatkan syair dan pantun dengan alat tarbang sebagai pengiringnya. Seiring dengan maraknya muatan lokal diajarkan kepada siswa sejak sekolah dasar hingga sekolah lanjutan, memberikan dampak bagi pemasukan bahan ajar berupa pantun madihin ke dalam kurikulumnya. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan dan memasyarakatkan pantun madihin tersebut.

Key words : Madihin, muatan lokal

Abstract: Madihin is anyone of artistry of Banjar exploiting idyl and poetry by means of tarbang as its attendant. Along with the hoisterous of local payload taught to student of since elementary school till the continuation school, giving impact for inclusion of substance teach in the form of poetry of madihin into its curriculum. This matter aim to to defin and socialize poetry of the madihin.

Key Words : Madihin, local payload

Pendahuluan
Menurut Kawi (1999), muatan lokal adalah suatu mata pelajaran tambahan yang alokasi pelajaran yang disajikannya lebih menekankan kepada produk dalam (lokal) berupa unsur-unsur atau hal-hal daerah yang nantinya berguna dan bermanfaat untuk kehidupan di masa yang akan datang. Muatan lokal bisa berbentuk bahasa daerah, kesenian daerah, keterampilan daerah permainan tradisional, makanan dan minuman khas daera, berkebun, dan lain-lain. Atau dengan pengertian lain, muatan lokal adalah pembelajaran tambahan yang dianjurkan kurikulum 1994 agar menambah unsur seni budaya daerah pada pendidikan dasar dan menengah, berupa pengetahuan tambahan bahasa, keterampilan, kesenian/budaya daerah dan baca tulis Al-Quran. Contohnya di provinsi Bali, muatan lokalnya adalah seni pahat memahat dan bahasa Inggris yang berguna bagi penerima kunjungan wisatawan mancanegara sebagai pembimbing turis asing.
Memasuki abad ke-19 pada waktu itu Syeikh Muhammad Arsjad Al Banjari pulang ke Benua Banjar dari Tanah Suci. Sejak saat itu pula telah berkembang seni madihin bernapaskan nilai-nilai agama Islam.

Seni madihin tidak terlepas kaitannya dengan seni syair. Baik isi maupun kata-katanya ditinjau dari struktur seni madihin itu sendiri, yaitu terdiri atas 4 baris dan bersjak sama. Sejak dari memasang tabi, menyampaikan isi sampai dengan penutup terjalin satu kesatuan cerita yang unik.

Seni madihin maupun mamanda berkembang di Rantau (Tapin). Seni madihin terus berkembang ke seluruh Benua Lima dan berlanjut ke daerah-daerah Banjar kuala khususnya Banjarmasin.

Seni madihin termasuk salah satu puisi lama dalam kesusastraan Banjar. Tumbuhnya kesenian madihin bersama-sama dengan pantun, syair, lambut, mamanda, dan lain-lain.
Madihin merupakan hiburan bagi seluruh masyarakat, baik kaum bawah, menengah, maupun kaum atas. Sedangkan yang biasa kita saksikan di TVRI Banjarmasin adalah madihin yang dibawakan oleh John Tralala dan anaknya Hendra Hadiwijaya. Madihin yang mereka tampilkan memberikan kesan lucu/jenaka yang membuat penonton bangkit semangatnya, bahagia dan antusias dalam mengikuti jalannya pertunjukan. Meskipun mengandung aspek humor akan tetapi dalam bait tetap mengandung nilai-nilai universal, seperti pantun kepada orang tua, pacar, dan lain-lain. Madihin merupakan puisi rakyat Banjar. Madihin merupakan salah satu hasil kebudayaan Banjar yang perlu dilestarikan karena setiap ada keramaian terutama pada peringatan hari-hari besar, madihin seringkali ditampilkan. Demikian pula ketika upacara perkawinan baru dilangsungkan. Malam hari setelah siang harinya pengantin bersanding, terdengarlah bunyi pukulan tarbang yang diiringi dengan irama lagu. Dengan demikian madihin berfungsi sebagai hiburan masyarakat.

Teknik menyajikan Madihin dengan sarana Pantun dan Syair Banjar

Pamadihinan (tukang madihin), menyampaikan madihinnya sambil menabuh tarbang yang dipegangnya. Madihin dapat disampailan oleh seorang pamadihinan, dapat pula dilakukan oleh beberapa seorang secara bergantian ataupun bersahut-sahutan. Semakin banyak pamadihinannya maka semakin ramailah suasana. Menarik tidaknya madihin bagi para pendengarnya, tergantung pula kepada kepandaian si Pamadihinan itu sendiri. Pandainya ia memilih tema cerita-cerita kemudian menyusunnya ke dalam rangkaian kalimat yang bersajak pada akhirnya, membuat segarnya madihin yang disampaikannya.
Tema madihin luas sekali, apapun dapat menjadi tema madihin, seperti humor, sindiran, saran-saran perbaikan, kampanye, dan lain-lain.
Contoh bagian pendahuluan madihin:

aaa….aaa….aaa….wan
sadang mulai sadang bajalan
napanglah hari silandung malam
bintang lawan bulan sigamarlapan

dapat dimulai dapat bajalan
sebab hari si jauh malam
bintang wan bulan gamarlapan
manandaakan hari si jauh malam

Kesenian ini bisa beriskan nyanyian ataupun pantun-pantun yang berisikan nasihat-nasihat ataupun pelajaran-pelajaran tanpa ada kesan menggurui. Kesenian Madihin ini biasa diadakan dalam suatu acara mislnya memeriahkan pesta perkawinan, pesta sehabis panen,ataupun dalam suatu acara keagamaan. Dan kesenian ini lebih asyik karena menggunakan bahasa Banjar sebagai bahasa pengantar dan dapat pula menggunakan bahasa Indonesia agar orang luar Kalimantan dapat mengerti.

Kesenian Madihin berasal dari kata “madah” yang artinya “berkata-kata”. Fungsi kesenian tersebut hanya sebagai hiburan bagi masyarakat di waktu-waktu tertentu. Berikut ini disajikan contoh struktur Madihin.
Contoh pembukaan dan memasang tabi

Aaa…aaa…aaa…aaa
Assalamualaikum ulun maucap salam
Gasan hadirin hadirat sabarataan
Ulun bamadihin ulahan satu malam
Supan rasanya ulun mambawaakan

Tarima kasih ulun ucapakan
Atas sambutan sampiyan samunyaan
Amun ulun salah, jangan ditatawaakan
Maklumlah ulun hanyar cacobaan.

Salamat datang hadirin nang tarhormat
Kuucap salam supaya samua salamat
Tasanyum (takarinyum) dulu itu sabagai syarat
Supaya pahala dunia akhirat kita dapat.


Untuk kadua kali ulun duduk di sini
Mambawaakan madihin wayah hini
Sabagai bukti ulun dapat inspirasi
Inspirasi yang baik daripada minggu tadi.

Ampun maaf ulun sampaiakan
Kalau kamarian ulun asal-asalan
Manyambati pian nang kada karuan
Karana ulun kada sangaja mambawaakan.

Panyampaian isi manguran, yaitu:

Aaa…wan
Baisukan ini, cuaca carah sakali
Carah ssakali untuk maunjun di kali
Kali nang ada di sabalah sini
Banyak iwaknya jua banyak batahi.

Amun ulun pargi mandi di kali
Untuk manarusakan tradisi urang bahari
Sabagai pamulaan ulun mambarasihakan diri
Sakalinya badapat buhaya mati

Aaa…wan
Manusia wayah hini
Sudah pada barani bagini
Malawan kawitan suddah manjadi tradisi
Kada takuta ikam azab di akhirat nanti

Kakanakan wayah hini
Lawwan kawitan wani-wani
Dimamai sakali, mambalas saribu kali
Dasar dunia handak bagila lagi

Amun saurangan, palihara kalbumu
Amun di tangah urang, palihara lidahmu
Amun di mija makan, palihara parutmu
Amun di jalanan, palihara matamu

Aaa…wan
Dasar babinian wayah hini
Sudah inya sangatlah wani-wani
Bapakaian singkat, rok mini sakali
Naik sapida mutur handaknya bacalurit lagi
Katanya ini sudah zamannya reformasi
Sudah saatnya kita ubah posisi
Jangan hanya lalakian nang manguasai
Kini wayahnya kita jadi polisi

Kalau memang zaman sudah baganti
Handak rasanya ulun mancari lagi
Dapat nang langkar sakalinya nang sudah balaki
Hancur pasaranku, dapat si bini balu

Amun dicium di bibir ngarannya bakucupan
Amun dicium di dada ngarannya bakunyutan
Amun dicium di gulu ngarannya bacupangan
Amun dicium di ketek kaina pian kana lempang
Karna itu kada tamasuk aturan
Akhirnya pipi padas bahabangan

Penutupnya adalah:
Distop dahulu ulun bamadihinan
Ngalu kapala bapandir kada karuan
Handak rasanya ulun mangacak pingggang
Biar badiam, pian tatawaan

Cukup sakian ulun mamadahakan
Gasan pian nang sudah baranakan
Agar jangan salah manarapakan
Dalam mangarungi bahtera kahidupan

Tarima kasih ulun haturakan
Atas parhatian dari awal sampai pahujungan
Mudahan piyan kada lakas muyak
Lawan madihin ulun yang mahanyutakan

Aaa…wan
Sadang bamandak….sadang pula batahan
Karana ulun sudah kauyuhan
Awak ulun sudah limbuy bapaluhan,
muntung ulun sudah baliuran.


Riwayat Lahirnya Madihin Hingga Sekarang
Madihin berasal dari kata “madah” (pujiian) atau dalam bahasa Banjar “papadahan” (nasihat) yang dipengaruhi oleh syair-syair sastra dengan cara akhiran yang sama. Dalam menyampaiakan syair-syair Madihin, senimannya sambil menabuh terbang (sejenis alat rebana) sebagai musik penggiring, seperti gendang musik Melayu dari tanah Malaka.

Kesenian Madihin diperkirakan mulai tumbuh dan berkembang setelah masuknya Islam ke Kalimantan Selatan, dan mulai di Tawia kecamatan Angkinang kabupaten Hulu Sungai Selatan, dengan tokoh pamadihinan kampung Tawia ini adalah “Dulah Nyanyang”.
Namun ada juga yang menyebutkan bahwa Madihin berasal dari Kabupaten Tapin, serta berasal dari kecamatan Paringin, kabupaten Hulu Sungai Utara (Sekarang Balangan).

Pementasan Madihin
Seni Madihin ini biasanya disajikan pada arena terbuka dengan panggung sederhana terbuat dari bambu dengan hiasan daun enau muda dengan perengkapan dua buah meja, empat buah kursi karena biasanya tampil empat orang seniman dua laki-laki dan dua perempuan secara berpasanangan.

Sebelum menyajikan seni Madihin, biasanya seniman membacakan berbagai mantra, maksudnya agar tidak diganggu makhluk halus serta kekuatan lain yang bisa mengganggu konsentrasi pada waktu tampil serta membakar kemenyan (parafin).
Para pamadihinan biasanya memukul terbang sebagai salam pembuka, seraya mengucapkan selamat datang dan ucapan minta maaf bila dalam penyampaian Madihin nanti ada kesalahan. Kemudian baru pamadihinan menyampaikan syair-syair berupa pantun, baik yang bernada nasihat, bercerita bahkan tiddak sedikit syair yang bernada humor serta ada juga syair sedikit berbau porno.

Seni ini bisa disajikan pamadihinan berdasarkan pesanan orang yang mengadakan acara perkawinan, sunatan, panenan, atau acara kenduri lainnya.

Simpulan

Untuk memberdayakan dan melestarikan kesenian tradisional suku Banjar di Kalimantan Selatan yang dikenal sebagai seni tutur “Madihin” pernah diadakan difestivalkan. Tokoh-tokoh pamadihinan Kalsel dewasa ini yang dapat didata hanyalah Jhon Tralala alias Yusran Effendi (42 tahun, tahun 2000), Mat Nyarang dari Kabupaten Banjar, Abdul Gani dari Kota Baru, Zainuddin dari Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Sebagai bahan muatan lokal sastra Banjar, kesenian Madihin perlu dibuatkan bahan pelajaran yang memang benar-benar berisi syair Madihin dan cara memainkannya/melagukan syair Madihin serta alatnya terbang “rebana” khusus dan pengajar Madihin ini perlu dilatih dan disiapkan sedini mungkin untuk mengajarkannya kelak. Walaupun nanti kesenian Madihin ini tidak dapat dimsukkan juga dalam kurikulum muatan lokal, alangkah baiknya pelajaran Madihin ini diberikan dalam kegiatan kesenian atau ekstrakurikuler dengan cara memperdengarkan kaset Madihin atau menonton cassette disk Madihin melalui VCD.

Saran

Kebudayaan kita yang hanya menjadi tokoh di belakang panggung (di balik layar) haruslah kita buang jauh-jauh, gantilah itu dengan keberanian menjadi pelopor kebangkitan sastra lisan Madihin yang kerap hanya dibawakan oleh orang-orang tertentu saja.

Daftar Pustaka
Ant/ Si. Seni Khas suku Banjar Madihin di ambang Kepunahan, dalam Budaya Dekrit.
Nomor 28 Tahun I, Agustus 2000,Hal:4

Ghany, Markum Suriansyah. Humor dalam Pantun Madihin. Wanyi,1999.

Ismail, Abdurachman. Peran Seni Madihin, dalam harapan dan wujud nyata. Makalah
seminar. 3 juni 2000.

Kawi, Djantera. 1999. Materi Perkuliahan Penelitian Pengajaran Bahasa. Banjarmasin:
FKIP Unlam.

Rafiek, Muhammad. Mencetak Generasi Pamadihinan di Kalimantan Selatan. Makalah
Forkomnas MSI XIII tahun 2000 di Yogyakarta.

Rafiek, Muhammad. 2000. Koleksi Tugas-Tugas IBD Fekon Unlam. Banjarmasin:FKIP
Unlam.

Rafiek, Muhammad. 2004. Materi Perkuliahan Sastra Daerah. Banjarmasin: FKIP Unlam.

2 komentar:

Untuk kemajuan dan keberhasilan anak didik kita silakan beri komentar yang membangun, Terima kasih